1.
Sebutkan dan jelaskan menu dasar pada
Microsoft word !
2.
Jelaskan tampilan ribbon yang ada pada
Microsoft word !
Jawaban
1.
Menu dasar pada Microsoft word yaitu :
1.
Menu File
Menu
file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur
kertas dokumen, dsb.
a.
New : Membuat file yang baru
b.
Open : Membuka File yang pernah kita
buat
c.
Close : Menutup file yang sedang kita
buka
d.
Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah
kita simpan dan telah diberi nama
e.
Save As : Menyimpan file yang baru dalam
hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file
tersebut
f.
Save as Web Page : Menyimpan dokumen
sebagai halaman web
g.
Web page Preview : Preview halaman web
h.
Page Setup : Mengatur halaman, ukuran
kertas, ukuran margin, dll
i.
Print Preview : Menampilkan hasill kerja
yang telah kita buat pada kertas
j.
Print : Mencetak dokumen yang telah kita
buat pada kertas
k.
Sent To : Mengirimkan dokumen
l.
Exit : Keluar dari Program Word
2.
Menu Edit
Menu
Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
a.
Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah
terlanjur dilaksanakan
b.
Repeat Typing : Membatalkan perintah
yang telah terlanjur dibatalkan
c.
Cut : Menghapus suatu objek dari lembar
kerja
d.
Copy : Mengcopy suatu objek yang
tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e.
Clear : Membersihkan
f.
Paste : Mengambil object yang sudah
disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g.
Paste Special : Mengambil object yang
sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
h.
Select All : Memilih keseluruhan yang
ada pada lembar kerja kita
i.
Find : Mencari suatu kata tertentu yang
ada pada naskah
j.
Replace : Mengganti kata yang ada pada
naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
k.
Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan
tertentu dengan c cepat
3.
Menu View
Menu
View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
a.
Normal : Menampilkan format teks tetapi
disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan,
dan pengeditan dokumen
b.
Print Layout : Menampilkan bagaimana
teks yang sesungguhnya
c.
Reading Layout : Membaca dokumen halaman
per halaman
d.
Task Pane : Menampilkan beragam perintah
cepat Word
e.
Ruller : Menampilkan ukuran garis pada
lembar kerja kita
f.
Markup : Melakukan pengaturan komentar
dalam projek :
g.
Headaer and Footer : Membuat judul
berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
h.
Full Sscreen : Menampilkan lembar
dokumen secara layar penuh
i.
Zoom : Memperbesar dan memperkecil
tampilan dokumen
4.
Menu Insert
Menu
Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
a.
Break : Berganti Halaman
b.
Page Number : Penomoran halaman
c.
Date and Time : Menyisip waktu dan hari
serta formatnya
d.
Symbol : Menyisip suatu symbol
e.
Footnote : Membuat catatan kaki
f.
Picture : Menyisip gambar
g.
Diagram : Menyisip diagram kedalam
dokumen
h.
Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
i.
File : Menyisipkan suatu file pada
lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5.
Menu Format
Menu
Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format
huruf, paragraf dll
a.
Font : Mengatur huruf- huruf dalam
pembuatan dokumen
b.
Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line
Spacing )
c.
Bullet and Numbering : Fasilitas untuk
memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d.
Border and shading : Memberi border (
Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e.
Columns : Membagi lembar kerja menjadi
beberapa kolom
f.
Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g.
Drop Caps : Memperbesar huruf pertama
tiap paragraf
h.
Teks Direction : Memberikan efek arah teks
pada alinea yang dipilih
i.
Change Case : Merubah bentuk tulisan,
dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j.
Back Ground : Mengatur warna latar
belakang lembar kerja
k.
Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l.
Styles and Formatting : Memformat jenis
huruf
6.
Menu Tools
Menu
Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
a.
Speling and Grammar :Mengoreksi naskah
dalam bahasa inggris
b.
Research :Mencari dokumen tertentu
c.
Letter and Mailing :Membuat surat dan
email
d.
Macro :Membuat macro, merekam, dan
memproteksi makro
e.
Customize :Pengaturan, penambahan, dan
pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f.
Options :Melakukan pemilihan dan
pengaturan metode maupun pengaturan umum
7.
Menu Table
Menu
Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
a.
Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars
table and border
b.
Insert : Perintah untuk menyisip tabel,
baris, dll
c.
Delete : Menghapus tabel, baris dll
d.
Select : Memilih suatu tabel, baris,
kolom dll
e.
Merge Cells : Menggabung beberapa cell
tabel dalam satu cell
f.
Split Cells : Memisahkan kembali Cell
yang telah digabung
g.
Split Table : Membagi suatu sel pada
table
h.
Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel
sekaligus memformatnya
i.
Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel
sesuai dengan acuan yang ada
j.
Heading rows repeat : Menggunakan judul
atau Header tabel berulang
k.
Convert : Merubah teks untuk tabel dan
sebaliknya
l.
Sort : Mensorting data yang ada pada
table
m.
Formula : Memasukkan suatu fungsi atau
rumus pada table
n.
Hide Gridlines : Menampilkan garis pada
suatu table
8.
Menu Windows
Menu
Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
a.
New Window : Membuat lembar kerja window
baru
b.
Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang
aktif
c.
Split : Membagi lembar kerja dalam
beberapa bagian
9.
Menu Help
Menu
help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
Microsoft Word
a.
Microsoft office Word help : Menampilkan
fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah
10. Toolbar
Standart
a.
New Blank Document : Membuat file yang
baru
b.
Open : Membuka file yang telah disimpan
c.
Save : Menyimpan dokumen
d.
Permission : Menentukan izin akses
dokumen
e.
E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat
email
f.
Print : Mencetak dokument yang sudah
diketik
g.
Print Preview : Melihat tampilan dokumen
sebelum di cetak
h.
Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah
dalam bahasa inggris
i.
Research : Melakukan pencarian dokumen
dalam suatu file
j.
Cut : Menghapus suatu objek dari lembar
kerja kita
k.
Copy : Mencopy suatu objek yang
tersimpan pada clipboard
l.
Paste : Mengambil objek yang sudah ada
dalam clipboard
m.
Undo Typing : Membatalkan perintah yang
sudah dilakukan
n.
Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang
sudah dibatalkan
o.
Format Painter : Memformat naskah dengan
fasilitas Painter
p.
Tables and Borders : Menampilkan menu
Tabel dan Border
q.
Insert Table : Menyisip table
r.
Insert Ms Excel : Menampilkan lembar
kerja Microsoft Excel
s.
Columns : Membagi lembar kerja menjadi
beberapa kolom
t.
Drawing : Menampilkan menu Drawing
u.
Show/hide : Menampilkan atau
menyembunyikan karakter yang tersembunyi
v.
Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar
Kerja
w.
Help : Menampilkan Bantuan
x.
Read : Membaca dokument halaman per
halaman
11. ToolBar
Formatting
a.
Styles and Formating : Memformat huruf
b.
Style : Jenis jenis huruf
c.
Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
d.
Font Size : Ukuran huruf
e.
Bold : Menebalkan huruf teks
f.
Italic : Membuat Teks menjadi miring
g.
Underline : Menggaris bawahi Teks
h.
Align Left : Perataan Kiri
i.
Center : Perataan tengah
j.
Align Right : Perataan kanan
k.
Justify : Perataan kiri-kanan
l.
Line Spacing : Mengatur spasi dalam
pengetikan
m.
Numbering : Memberi nomor secara
berurutan setiap baris
n.
Bullets : Memberi simbol tertentu yang
hampir sama dengan nomor paragraph
o.
Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke
kiri
p.
Increaase Indent : Menggeser indentasi
ke kanan
q.
Outside Border : Membuat border pada
teks
r.
Highlight : Memberi warna arsiran pada
teks
s.
Font Colour : Mengatur Warna teks
12. Drawing
ToolBar
Drawing
ToolBar berfungsi untuk Menyisip/membuat objek gambar,
Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb
Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb
a.
AutoShapes : Menyisip gambar AutoShapes
b.
Line : Menggambar garis
c.
Arrow : Menggambar Anak Panah
d.
Rectangle : Menggambar Kotak
e.
Oval : Menggambar Lingkaran
f.
Text Box : Menyisip kotak teks (
Mengetik Teks dalam kotak)
g.
Insert Word Art : Menyisip Word Art (
Tulisan Indah )
h.
Insert Diagram : Menyisip Digram
i.
Clip Art : Membuat gambar
j.
Insert Picture : Menyisip gambar
k.
Fill Color : Merubah warna isi objek
gambar
l.
Line Color : Merubah warna garis/bingkai
objek gambar
m.
Font Color : Merubah warna huruf
n.
Line Style : Merubah jenis dan ketebalan
garis gambar
o.
Dash Style : Merubah garis dalam bentuk
titik-titik / garis
putus-putus
putus-putus
p.
Arrow Style : Merubah bentuk pangkal
ujung garis
q.
Shadow Style : Membuat bayangan objek
gambar
r.
3-D Style : Membuat efek 3 Dimensi pada
objek gambar
2.
Tampilan ribbon yang ada pada Microsoft
word terdapat dua macam tab yaitu :
a.
Standar Tab
Dalam standar tab terdiri dari tab Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review dan View.
Dalam standar tab terdiri dari tab Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review dan View.
1.
Tab Home
Untuk Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab home berisi daftar perintah untuk mengedit naskah, menyunting dan memformat tampilan teks. Tab home terdiri dari group yaitu :
Untuk Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab home berisi daftar perintah untuk mengedit naskah, menyunting dan memformat tampilan teks. Tab home terdiri dari group yaitu :
a.
Group Clipboard
Group ini terdiri dari copy, paste, cut dan format painter. Group ini berfungsi untuk mengkopi atau menyalin suatu object ke dalam dokumen lain serta membuang (meng-cut) suatu objek yang tidak diperlukan dari suatu dokumen dan memindahkanya ke dokumen lain.
Group ini terdiri dari copy, paste, cut dan format painter. Group ini berfungsi untuk mengkopi atau menyalin suatu object ke dalam dokumen lain serta membuang (meng-cut) suatu objek yang tidak diperlukan dari suatu dokumen dan memindahkanya ke dokumen lain.
b.
Group Font
Berisi perintah untuk memformat tampilan huruf pada dokumen. Perintah didalamnya yaitu font, font size, Bold, italic, underline, subscript, superscript, font color, change case. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari font dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group font.
Berisi perintah untuk memformat tampilan huruf pada dokumen. Perintah didalamnya yaitu font, font size, Bold, italic, underline, subscript, superscript, font color, change case. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari font dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group font.
c.
Group Paragraph
Group paragraph digunakan untuk memformat tampilan teks pada dokumen. Icon didalamnya antara lain, bullets, numbering, align left, align righy, centre, justify, line spacing, Border, sort data,shading, increase indent, decrease indent. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari paragraph dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group paragraph
Group paragraph digunakan untuk memformat tampilan teks pada dokumen. Icon didalamnya antara lain, bullets, numbering, align left, align righy, centre, justify, line spacing, Border, sort data,shading, increase indent, decrease indent. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari paragraph dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group paragraph
d.
Group Styles
Styles merupakan kumpulan format khusus yang diberi nama dan disimpan.
Styles merupakan kumpulan format khusus yang diberi nama dan disimpan.
e.
Group Editing
Fungsi group editing antara lain mencari dan mengganti kata tertentu yang kita anggap tidak tepat pada suatu teks dokume
Fungsi group editing antara lain mencari dan mengganti kata tertentu yang kita anggap tidak tepat pada suatu teks dokume
2.
Tab Insert
Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab insert berisi perintah yang digunakan untuk menyisipkan table, shapes, gambar, grafik dan perintah untuk membuat tampilan teks dalam berbagai model variasi. Tab Insert terdiri dari group :
Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab insert berisi perintah yang digunakan untuk menyisipkan table, shapes, gambar, grafik dan perintah untuk membuat tampilan teks dalam berbagai model variasi. Tab Insert terdiri dari group :
a.
Group Page untuk membuat cover halaman
dokumen yang formatnya dapat kita pilih sendiri
b.
Groip tables berfungsi untuk menyisipkan
table dalam dokumen yang sedang kita kerjakan.
c.
Group Illustration berfungsi untuk
menyisipkan gambar, shapes, clipart, chart dll
d.
Group Links berfungsi untuk menyisipkan
hyperlink, yaitu menghubungakan dokumen kita ke dokumen lain.
e.
Group Header and Footer untuk membuat
header, footer dan nomor halaman, berisi icon header, footer, page number
f.
Group Text untuk membuat text artisik
(wordart), membuat kotak teks (text box), menyisipkan bagian-bagian penting
dari dokumen seperti judul dan nama penulis, menyisipkan tanda tangan, membuat
drop Cap, dll.
g.
Group Symbols untuk menyisipkan karakter
(symbol ) dan rumus matematik
3.
Tab Page Layout
Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab ini berisi group-group yang mempunyai fungsi masing-masing seperti mengatur desain dokumen seperti warna, jenis huruf, efek, mengatur batas kertas seperti ukuran margin, orientation halaman, ukuran halaman kertas, bentuk kolom Koran, background halaman, paragraph, spasi dan sebagainya. Dalam Tab Page Lay Out terdiri atas group :
Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab ini berisi group-group yang mempunyai fungsi masing-masing seperti mengatur desain dokumen seperti warna, jenis huruf, efek, mengatur batas kertas seperti ukuran margin, orientation halaman, ukuran halaman kertas, bentuk kolom Koran, background halaman, paragraph, spasi dan sebagainya. Dalam Tab Page Lay Out terdiri atas group :
a.
Group Themes berfungsi untuk mengatur
atau mengubah desain dokumen yang sedang dikerjakan seprti warna, jenis huruf
dan efek, sehingga tampilan dokumen lebih menarik.
b.
Group Page set up untuk pengaturan
kertas dan halaman icon-iconnya antara lain margins, orientation, size columns
dll
c.
Group Page Background berfungsi untuk
menyisipkan teks bayangan sebagai background halaman (watermack), memilih warna
page color, page borders
d.
Group Paragraph untuk pengaturan indent
dan spacing
e.
Group Arrange digunakan untuk pengaturan
layout object / picture dalam dokumen kita
4.
Tab References
Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi memberikan informasi-informasi tambahan dapat disipkan dalam dokumen seperti membuat daftar isi ( table of content ), footnote dll. Tab References terdiri dari Group
Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi memberikan informasi-informasi tambahan dapat disipkan dalam dokumen seperti membuat daftar isi ( table of content ), footnote dll. Tab References terdiri dari Group
a.
Group Table of contents
Group ini berfungsi membuat daftar isi secara otomatis. Dan kita dapat menambah teks dan memperbaharui daftar isi melalui Add Text dan Update table
Group ini berfungsi membuat daftar isi secara otomatis. Dan kita dapat menambah teks dan memperbaharui daftar isi melalui Add Text dan Update table
b.
Group Footnotes
Group ini berfungsi untuk membuat catatan kaki (Insert Footnote) dan catatan akhir (Insert Endnote), mencari catatan isi footnote dan endnote (Next Footnote) dan melihat isi footnote dan endnote (Show Notes)
Group ini berfungsi untuk membuat catatan kaki (Insert Footnote) dan catatan akhir (Insert Endnote), mencari catatan isi footnote dan endnote (Next Footnote) dan melihat isi footnote dan endnote (Show Notes)
c.
Group Citations & bibliography
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber pustaka/kutipan. Untuk menyusun pustaka (Manage Source) dan untuk membuat model daftar pustaka secara otomatis (Binliography)
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber pustaka/kutipan. Untuk menyusun pustaka (Manage Source) dan untuk membuat model daftar pustaka secara otomatis (Binliography)
d.
Group Captions
Group ini berfungsi untuk membuat dan menempatkan keterangan gambar dan table yang kita buat dalam dokumen.
Group ini berfungsi untuk membuat dan menempatkan keterangan gambar dan table yang kita buat dalam dokumen.
e.
Group Index berfungsi
Group ini berfungsi untuk menyisipkan daftar indexs atau kata-kata penting dalam dokumen
Group ini berfungsi untuk menyisipkan daftar indexs atau kata-kata penting dalam dokumen
f.
Group Table of authorities
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber kutipan infomasi dalam suatu bagian dokumen yang kita buat.
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber kutipan infomasi dalam suatu bagian dokumen yang kita buat.
5.
Tab Mailings
Untuk mengaktifkan Menu Mailings, coba anda klik tab Menu Mailings pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab Mailling berfungsi untuk membuat suatu dokumen yang akan dicetak dalam jumlah banyak atau didistribusikan secara masal dengan format yang sama namun ada beberapa bagian dari dokumen tersebut yang berbeda misalnya format surat yang ditujukan ke lamat atau nama yang berbeda. Dalam ribbon ini berisi icon-icon untuk membuat mailmerge dan membuat alamat diamplop. Tab Mailings terdiri atas group
Untuk mengaktifkan Menu Mailings, coba anda klik tab Menu Mailings pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab Mailling berfungsi untuk membuat suatu dokumen yang akan dicetak dalam jumlah banyak atau didistribusikan secara masal dengan format yang sama namun ada beberapa bagian dari dokumen tersebut yang berbeda misalnya format surat yang ditujukan ke lamat atau nama yang berbeda. Dalam ribbon ini berisi icon-icon untuk membuat mailmerge dan membuat alamat diamplop. Tab Mailings terdiri atas group
a.
Group Create
Group ini berfungsi untuk membuat label dan amplop
Group ini berfungsi untuk membuat label dan amplop
b.
Group Start Mail Merge
Group ini berfungsi untuk membuat mail marge dari satu tahap ke tahapan selanjutnya
Group ini berfungsi untuk membuat mail marge dari satu tahap ke tahapan selanjutnya
c.
Group Write & Insert Fields
Group ini berfungsi untuk menulis dan menyisipkan field atau data dalam sebuah mailmerge
Group ini berfungsi untuk menulis dan menyisipkan field atau data dalam sebuah mailmerge
d.
Group Priview Results
Group ini berfungsi untuk menampilkan hasil dari mailmerge yang telah di buat
Group ini berfungsi untuk menampilkan hasil dari mailmerge yang telah di buat
e.
Group Finish
Group ini berfungsi untuk mengakhiri proses pembuatan mailmerge
Group ini berfungsi untuk mengakhiri proses pembuatan mailmerge
6.
Tab Review
Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi mereview atau mengevaluasi kembali isi dokumen yang kita buat
Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi mereview atau mengevaluasi kembali isi dokumen yang kita buat
7.
Tab View
Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu ini kita gunakan untuk mengatur tampilan halaman dokumen pada lembar kerja Microsoft Word
Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu ini kita gunakan untuk mengatur tampilan halaman dokumen pada lembar kerja Microsoft Word
0 komentar:
Posting Komentar