KUMPULAN MATERI PENDIDIKAN

Jumat, 30 Mei 2014


LAYANAN ANTAR MUKA

Tujuan dari system operasi adalah sebagai penghubunga antara user dan hardware, dimana system operasi memberikan kemudahan-kemudahan agar user tidak harus mengakses hardware secara langsung dalam bahasa mesin, tetapi dalam benttuk layanan-layanan yang diberikan oleh system operasi. Antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan system operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan system operasi. Antarmuka adalah komponen system operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.
Terdapat dua jenis antarmuka yaitu :
§  Command Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimna pengguna berinteraksi dengan sistm operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di system operasi tersebut dengan cara mengerikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap system operasi memiliki nama atau oistilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) member nama command.com atau Command Prompt.
§  Graphical User Interface (GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, icon, menu dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau trackball. Elemen-elemen utama dari GUI bias diringkas dalam konsep WIMP (windows, icon, menu, pointing device). Pengguna computer yang awam seringkali menilai sebuah system operasi dai GUI-nya. Sebuah system operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus. Padahal, seperti telah dijelaskan sebelumnya, komponen system operasi tidak hanya GUI, sehingga penilaian terhadap sebuah system operasi tidak bias hanya dari satu komponen saja. Karena GUI adalah kesan pertama pengguna dengan system operasi itu, setiap pengembangan system operasi berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing. Ssejarah mencatat bahwa Xerox PARC (Palo Alto Research Center) yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh yang menggunakan GUI hasil riset Xerox PARC. Beberapa tahun kemudian, Apple mengklaim bahwa Microsoft mencuri ide dari Apple. Seperti halnya CLI, tiap-tiap system operasi juga memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebut Aqua. Meicrosoft member nama GUI Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembangan utama desktop environment pada Linux, yang masing-masing menghasilkan produk KDE dan GNOME. KDE digunakan pada beberapa distro seperti SuSE dam Mandrake, sedangkan GNOME dipakai pada beberpa distro seperti Fedora Core dan Ubuntu.
Posted by on 06.42 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search Our Site

Sample Text