KUMPULAN MATERI PENDIDIKAN

Jumat, 30 Mei 2014


Pengertian internet dan web
Ø   Pengertian Internet
Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu network dangan network lainnya di seluruh dunia, TCP/IP menjadi protocok penghubung antara jaringan-jaringan yang beragam di seluruh dunia untuk dapat berkomunikasi. Dalam berkomunikasi di internet dibutuhkan alamat. Untuk alamat internet ini biasanya dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL). Untuk tiap web memiliki alamat yang berbeda dan unik. Sebuah web mempuyai URL dengan skema terdiri dari nama web server itu sendiri dan alamatnya. Skema ini mengindentifikasikan akan bahasa, protocol yang digunakan untuk mengakses web. Nama sebuah web server juga dikenal sebagai nama domain, mengindentifikasikan nama server yang disimpan di web.


Ø   Anatomi Web Sites
o   URLs (Uniform Resource Locator) merupakan alamat dari sebuah web sites untuk mengidentifikasi lokasi dari sebuah computer pada internet.
o   Web Server, merupakan sebuah computer yang menjalankan sebuah program special yang selalu terhubung dengan internet.
o   Web Site (Situs web) merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topic tertentu
o   Web Pages (halaman web) merupakan sebuah halaman khusus dari sesitus web tertentu
o   Homepage merupakan sampul halaman yang berisi daftai isi atau menu dari ssebuah situs web.
Ø   HTML
HTML (HyperText Markup Language) merupakan script untuk menyusun dokumen-dokumen web. HTML disimpan dalam format teks regular yang memerintahkan web browset untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dspesifikasikan. Permberian nama file HTML sebaiknya menggunakan huruf, angka tanda kurang(-) atau underscore (_). Jangan menggunakan tanda baea dan karakter khusus serta jangan menggunakan spasi. Beberapa web server menganut penamaan file case sensitive, dengan demikian gunakalah hufur besar semua atau huruf kecil semua untuk nama file HTML. Ekstensi file HTML adalah .html atau .html. situs web merupakan kumpulan halaman web yang berhubungan dan saling terkait. Ketergantungan ini mempengaruhi keputusan para perancang web dalam menangani setiap elemen web dan proses-prosesnya.
Ø  Browser dan HTML Editor
Browser merupakan software yang diinstal di mesin client yang berfungsi untuk menerjemahan perintah-perintah HTML menjadi halaman web. Fungsi dari web browser adalah untuk mengirimkan dan mengambil data dari sebuah web server kemudian ditampilkan pada layar lebar monitor. Browser yang paling banyak digunakan sekrang adalah internet explorer, Mozilla firefox, opera. HTML Editor merupakan program yang digunakan untuk membuat document HTML. Ada beberapa HTML Editor yang dapat anda gunakan yaitu : Microsoft FrontPage, Adobe Photoshop, Adobe Pagemill, Macromedia Dreamweaver. Kebanyakan dari HTML Editor ini sifatnya adalah WYSIWYG. Fungsi dari HTML Editor ini adalah untuk mempermudah pengeditan dari suatu dokumen web.

Posted by on 06.16 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search Our Site

Sample Text