KUMPULAN MATERI PENDIDIKAN

Jumat, 30 Mei 2014


USER DAN GROUP

Linux adalah system operasi multiuser yang artinya merupakan system operasi yang dirancang untuk digunakan oleh banyak orang secara bersamaan. Untuk itu diperlukan batasan-batasan untuk menjaga agar user satu tidak dapat melihat apalagi menghapus file user lain. Pada dasarnya user account pada linux dibagi atas:
§  Root account, merupakan user yang paling berkuasa pada computer
§  Normal user account, merupakan user biasa yang dapat dibuat secara manual.
A.    Jangan Pakai Root
Saat melakukan login, user root tidak terlihat. Secara default, user root pada Ubuntu tidak dalam keadaan aktif, hali ini dilakukan untuk menghindari kesalahan operasi yang dilakukan oleh user. User dapat saja memaksakan diri untuk login sebagai root dengan cara mengklik other. Kemudian mengetikkan root dan selanjutnya memasukkan password. Jadi, login sebagai account root ke GUI memang sengaja dibuat susah demi alasan keamanan. User disarankan menggunakan account biasa untuk bekerja sehari-hari dan hanya menggunakan root secara sementara jika benar-benar diperlukan. Pada linux juga disediakan perintah sudo yang dirancang untuk membuat user biasa setara dengan root tanpa harus login segabai root. Setara disini dalam arti hanya perintah-perintah tertentu saja yang dapat digunakan.
B.   Group
Grup merupakan pengelompokkan dari user. Setiap account di linux dapat menjadi anggota salah satu atau beberapa group sekaligus.

Posted by on 06.18 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search Our Site

Sample Text