KUMPULAN MATERI PENDIDIKAN

Selasa, 27 Mei 2014




1.      Sebutkan dan jelaskan menu dasar pada Microsoft word !
2.      Jelaskan tampilan ribbon yang ada pada Microsoft word !
Jawaban
1.      Menu dasar pada Microsoft word yaitu :
1.      Menu File
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
a.       New : Membuat file yang baru
b.      Open : Membuka File yang pernah kita buat
c.       Close : Menutup file yang sedang kita buka
d.       Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
e.       Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
f.       Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
g.       Web page Preview : Preview halaman web
h.      Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
i.        Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j.        Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
k.      Sent To : Mengirimkan dokumen
l.        Exit : Keluar dari Program Word
2.      Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
a.       Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b.      Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
c.       Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
d.      Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e.       Clear : Membersihkan
f.       Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g.      Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
h.      Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i.        Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j.        Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
k.      Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat
3.      Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
a.       Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b.      Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
c.       Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
d.      Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
e.       Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
f.       Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
g.      Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
h.      Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
i.        Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4.      Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
a.       Break : Berganti Halaman
b.      Page Number : Penomoran halaman
c.       Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
d.      Symbol : Menyisip suatu symbol
e.       Footnote : Membuat catatan kaki
f.       Picture : Menyisip gambar
g.      Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
h.      Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
i.        File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5.      Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
a.       Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
b.      Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
c.       Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d.      Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e.       Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
f.       Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g.      Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
h.      Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
i.        Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j.        Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
k.      Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l.        Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6.      Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
a.       Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
b.      Research :Mencari dokumen tertentu
c.       Letter and Mailing :Membuat surat dan email
d.      Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e.       Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f.       Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum

7.      Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
a.       Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
b.      Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c.       Delete : Menghapus tabel, baris dll
d.      Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
e.       Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
f.       Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
g.      Split Table : Membagi suatu sel pada table
h.      Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
i.        Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
j.        Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k.      Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l.        Sort : Mensorting data yang ada pada table
m.    Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada table
n.      Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu table
8.      Menu Windows
Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
a.       New Window : Membuat lembar kerja window baru
b.      Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c.       Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
9.      Menu Help
Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
a.       Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah
10.  Toolbar Standart
a.       New Blank Document : Membuat file yang baru
b.      Open : Membuka file yang telah disimpan
c.       Save : Menyimpan dokumen
d.      Permission : Menentukan izin akses dokumen
e.       E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
f.       Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
g.      Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
h.      Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
i.        Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
j.        Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
k.      Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
l.        Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
m.    Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
n.      Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
o.      Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
p.      Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
q.      Insert Table : Menyisip table
r.        Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
s.       Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
t.        Drawing : Menampilkan menu Drawing
u.      Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
v.      Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
w.    Help : Menampilkan Bantuan
x.      Read : Membaca dokument halaman per halaman
11.  ToolBar Formatting
a.       Styles and Formating : Memformat huruf
b.      Style : Jenis jenis huruf
c.       Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
d.      Font Size : Ukuran huruf
e.       Bold : Menebalkan huruf teks
f.       Italic : Membuat Teks menjadi miring
g.      Underline : Menggaris bawahi Teks
h.      Align Left : Perataan Kiri
i.        Center : Perataan tengah
j.        Align Right : Perataan kanan
k.      Justify : Perataan kiri-kanan
l.        Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
m.    Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
n.      Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraph
o.      Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
p.      Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
q.      Outside Border : Membuat border pada teks
r.        Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
s.       Font Colour : Mengatur Warna teks
12.  Drawing ToolBar
Drawing ToolBar berfungsi untuk Menyisip/membuat objek gambar,
Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb
a.       AutoShapes : Menyisip gambar AutoShapes
b.      Line : Menggambar garis
c.       Arrow : Menggambar Anak Panah
d.      Rectangle : Menggambar Kotak
e.       Oval : Menggambar Lingkaran
f.       Text Box : Menyisip kotak teks ( Mengetik Teks dalam kotak)
g.      Insert Word Art : Menyisip Word Art ( Tulisan Indah )
h.      Insert Diagram : Menyisip Digram
i.        Clip Art : Membuat gambar
j.        Insert Picture : Menyisip gambar
k.      Fill Color : Merubah warna isi objek gambar
l.        Line Color : Merubah warna garis/bingkai objek gambar
m.    Font Color : Merubah warna huruf
n.      Line Style : Merubah jenis dan ketebalan garis gambar
o.      Dash Style : Merubah garis dalam bentuk titik-titik / garis
putus-putus
p.      Arrow Style : Merubah bentuk pangkal ujung garis
q.      Shadow Style : Membuat bayangan objek gambar
r.        3-D Style : Membuat efek 3 Dimensi pada objek gambar
2.      Tampilan ribbon yang ada pada Microsoft word terdapat dua macam tab yaitu :
a.       Standar Tab
Dalam  standar  tab  terdiri  dari  tab  Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review dan View.
1.      Tab Home
Untuk  Untuk  mengaktifkan  Menu Home, coba  anda  klik  tab  Menu  Home  pada  tab  menu  atau  tekan  Alt+H,  perhatikan  ribbon  menu  yang  tampil.
Tab home berisi daftar perintah untuk mengedit naskah, menyunting dan memformat tampilan teks. Tab home terdiri dari group yaitu :
a.       Group Clipboard
Group ini terdiri dari copy, paste, cut dan format painter. Group ini  berfungsi untuk mengkopi atau menyalin suatu object ke dalam dokumen lain serta membuang (meng-cut) suatu objek yang tidak diperlukan dari suatu dokumen dan memindahkanya ke dokumen lain.
b.      Group Font
Berisi perintah untuk memformat tampilan huruf pada dokumen. Perintah didalamnya yaitu font, font size, Bold, italic, underline, subscript, superscript, font color, change case. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari font dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group font.
c.       Group Paragraph
Group paragraph digunakan untuk memformat tampilan teks pada dokumen. Icon didalamnya antara lain, bullets, numbering, align left, align righy, centre, justify, line spacing, Border, sort data,shading, increase indent, decrease indent. Kita juga bias menampilkan kotak dialog box dari paragraph dengan klik icon panah pada pojok kanan bawah Group paragraph
d.      Group Styles
Styles merupakan kumpulan format khusus yang diberi nama dan disimpan.
e.       Group Editing
Fungsi group editing antara lain mencari dan mengganti kata tertentu yang kita anggap tidak tepat pada suatu teks dokume
2.      Tab Insert
Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab  insert  berisi  perintah  yang  digunakan  untuk  menyisipkan  table,  shapes,  gambar, grafik  dan  perintah  untuk  membuat  tampilan  teks  dalam  berbagai  model  variasi.  Tab Insert  terdiri  dari  group :
a.       Group Page untuk membuat cover halaman dokumen yang formatnya dapat kita pilih sendiri
b.      Groip tables berfungsi untuk menyisipkan table dalam dokumen yang sedang kita kerjakan.
c.       Group  Illustration berfungsi untuk menyisipkan gambar, shapes, clipart, chart dll
d.      Group Links berfungsi untuk menyisipkan hyperlink, yaitu menghubungakan dokumen kita ke dokumen lain.
e.       Group Header and Footer untuk membuat header, footer dan nomor halaman, berisi icon header, footer, page number
f.       Group Text untuk membuat text artisik (wordart), membuat kotak teks (text box), menyisipkan bagian-bagian penting dari dokumen seperti judul dan nama penulis, menyisipkan tanda tangan, membuat drop Cap, dll.
g.      Group Symbols untuk menyisipkan karakter (symbol ) dan rumus matematik
3.      Tab Page Layout
Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil
Tab ini berisi group-group yang mempunyai fungsi masing-masing seperti mengatur desain dokumen seperti warna, jenis huruf, efek, mengatur batas kertas seperti ukuran margin, orientation halaman, ukuran halaman kertas, bentuk kolom Koran, background halaman, paragraph, spasi dan sebagainya. Dalam Tab Page Lay Out terdiri atas group :
a.       Group Themes berfungsi untuk mengatur atau mengubah desain dokumen yang sedang dikerjakan seprti warna, jenis huruf dan efek, sehingga tampilan dokumen lebih menarik.
b.      Group Page set up untuk pengaturan kertas dan halaman icon-iconnya antara lain margins, orientation, size columns dll
c.       Group Page Background berfungsi untuk menyisipkan teks bayangan sebagai background halaman (watermack), memilih warna page color, page borders
d.      Group Paragraph untuk pengaturan indent dan spacing
e.       Group Arrange digunakan untuk pengaturan layout object / picture dalam dokumen kita
4.      Tab References
Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi memberikan informasi-informasi tambahan dapat disipkan dalam dokumen seperti membuat daftar isi ( table of content ), footnote dll. Tab References terdiri dari Group
a.       Group Table of contents
Group ini berfungsi membuat daftar isi secara otomatis. Dan kita dapat menambah teks dan memperbaharui daftar isi melalui Add Text dan Update table
b.      Group Footnotes
Group ini berfungsi untuk membuat catatan kaki (Insert Footnote) dan catatan akhir (Insert Endnote), mencari catatan isi footnote dan endnote (Next Footnote) dan melihat isi footnote dan endnote (Show Notes)
c.       Group Citations & bibliography
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber pustaka/kutipan. Untuk menyusun pustaka (Manage Source) dan untuk membuat model daftar pustaka secara otomatis (Binliography)
d.      Group Captions
Group ini berfungsi untuk membuat dan menempatkan keterangan gambar dan table yang kita buat dalam dokumen.
e.       Group Index berfungsi
Group ini berfungsi untuk menyisipkan daftar indexs atau kata-kata penting dalam dokumen
f.       Group Table of authorities
Group ini berfungsi untuk menyisipkan sumber kutipan infomasi dalam suatu bagian dokumen yang kita buat.
5.      Tab  Mailings
Untuk mengaktifkan Menu Mailings, coba anda klik tab Menu Mailings pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab Mailling berfungsi untuk membuat suatu dokumen yang akan dicetak dalam jumlah banyak atau didistribusikan secara masal dengan format yang sama namun ada beberapa bagian dari dokumen tersebut yang berbeda misalnya format surat yang ditujukan ke lamat atau nama yang berbeda. Dalam ribbon ini berisi icon-icon untuk membuat mailmerge dan membuat alamat diamplop. Tab Mailings terdiri atas group
a.       Group Create
Group ini berfungsi  untuk membuat label dan amplop
b.      Group Start Mail Merge
Group ini berfungsi untuk membuat mail marge dari satu tahap ke tahapan selanjutnya
c.       Group Write & Insert Fields
Group ini berfungsi  untuk menulis dan menyisipkan field atau data dalam sebuah mailmerge
d.      Group Priview Results
Group ini berfungsi  untuk menampilkan hasil dari mailmerge yang telah di buat
e.       Group Finish
Group ini berfungsi  untuk mengakhiri proses pembuatan mailmerge
6.      Tab  Review
Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Tab ini berfungsi mereview atau mengevaluasi kembali isi dokumen yang kita buat

7.      Tab  View
Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
Menu ini kita gunakan untuk mengatur tampilan halaman dokumen pada lembar kerja Microsoft  Word

Posted by on 04.06 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search Our Site

Sample Text